Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Susah Makan – Kali ini kami info kesehatan wanita akan membahas masalah kesehatan anak, jika anda adalah sorang ibu yang memiliki anak susah makan, anda tidak sendirian karena banyak ibu diluar sana yang mengalami hal serupa dengan anda. Banyak usaha yang dilakukan oleh orang tua agar anaknya mau makan karena anak-anak masih membutuhkan vitamin dan mineral yang cukup dalam masa pertumbuhannya. Anak akan susah makan lebih banyak terjadi saat mereka menginjak umur 1 tahun keatas.
Ada dua jenis faktor yang menyebabkan anak menolak makanan yang anda berikan yaitu faktor psikis dan fisik. Pada faktor psikis terkait dengan psikologi anak tersebut misalnya dipaksa untuk memakan makanan yang tidak mereka sukai serta suasana makan yang tidak menyenangkan, dan faktor fisik yaitu ada masalah pada pencernaannya, dan juga area mulut serta gigi. Anda dapat mengamati kedalam faktor yang mana anak anda lebih cenderung sehingga mendapatkan solusi terbaik. Berikut ini faktor-faktor penyebab anak susah makan akan dijelaskan lebih lanjut.

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Faktor Penyebab Anak Susah Makan yang perlu anda simak agar anda tidak setres mengatasi masalah tersebut :

  1. Picky Eater
    Anak yang memiliki kebiasaan ini adalah suka memilih-milih jenis makanan yang ingin dimakannya. Picky eater biasanya terjadi pada anak usia 2 hingga 3 tahun dan dapat berlanjut hingga dewasa. Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena ada sebuah periode dimana anak-anak akan memilih makanan. Jika anak anda termasuk picky eater anda dapat menganalisa apa yang membuat anak anda tidak menyukai makanan tersebut mulai dari rasa, tekstur, bau, dan bentuk. Tampilan makanan yang kurang variatif dan menarik juga bisa menyebabkan anak-anak kehilangan napsu makan. Untuk mengatasi semua ini yang perlu anda lakukan membuat menu makanan yang variatif dengan bentuk-bentuk lucu serta sediakan peralatan makan anak anda secara khusus yang memiliki motif yang disukainya seperti gambar-gambar kartun untuk membuatnya semangat makan.
  2. Mengemut Makanan
    Kebiasaan ini juga sering terjadi pada anak-anak. Mengemut makanan terlalu lama akan membuatnya cepat kenyang dan kehilangan napsu makan. Ada banyak alasan kenapa anak-anak mengemut makanan yang diberikan seperti sakit pada area mulut mupun sistem pencernaan. Trauma juga bisa menyebabkan anak mengemut makanan karena pernah dipaksa untuk makan sebelumnya. Jika ini terus terjadi segera periksa ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya serta berikan porsi yang sedikit saat anda menyuapkan makanan. Menyajikan menu yang variatif juga dapat merangsang napsu makan anak dan hindarilah memberikan makanan yang memiliki rasa yang kuat dan bau yang terlalu menyengat.
  3. Tidak Merasa Lapar
    Banyak anak yang selalu menolak untuk makan dengan alasan masih kenyang. Hal ini bisa terjadi jika anak terlalu banyak memakan cemilan apa lagi saat mendekati jam makan. Biasanya camilan yang disukai anak-anak adalah yang memiliki rasa manis, rasa manis ini akan membuat anak-anak keying lebih lama. Usahakan untuk membatasi jumlah camilan sesuai dengan kebutuhan anak. Apabila sudah mendekati jam makan, jangan berikan cemilan apapun pada anak.

Itulah tadi faktor penyebab anak susah makan yang perlu anda ketahui. Selalu ciptakan suasana nyaman pada saat makan agar anak anda lebih bersemangat menyantap makanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *